Sabtu, 02 Mei 2015

Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ?

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka. Hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya.
Langsung saja, lakukan hal-hal berikut ini guna merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer. Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu,  kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.
2. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.
3. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur
Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.
4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.
5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan. Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.
6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda
Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM  laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD. Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.
7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil
Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.
8. Jauhkan Makanan dari Laptop
Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop.  Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.
10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop. Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.
11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan  faktor yang membuat laptop mengalami overheat.
12. Perhatikan Suhu Laptop Anda
Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop. 
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya. Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, saya harap anda lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda.
Sekian untuk artikel hari ini, saya sangat senang sekali jika artikel yang saya tulis bermanfaat bagi anda.
Sampai Jumpa!
 
NaraSumber : By.  - www.nesabamedia.com

1 komentar:

  1. tips yang bagus, keren artikelnya.. makasih banyak gan.

    BalasHapus